Istilah-Istilah Bahasa di dalam Jasa Pembuatan Aplikasi

Untuk anda yang saat ini ingin membangun atau mengembangkan sebuah aplikasi. Atau ingin merencanakan pengembangan dengan penyedia jasa pembuatan aplikasi. Sebagai bisnis owner atau klien penyedia jasa pembuatan aplikasi yang background nya non-IT. Sudah pasti agak asing mendengar kata-kata atau istilah-istilah bahasa teknis dalam perencanaan pembuatan aplikasi.

Daftar kata atau Istilah-Istilah bahasa seputar perencanaan pembuatan aplikasi. Mungkin akan membantu dan memperlancar anda dalam merancang pembuatan aplikasi bersama penyedia jasa pembuatan aplikasi seperti Appdev.

Istilah-istilah bahasa pembuatan aplikasi:

Aplikasi

Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggunakan kemampuan komputer untuk menjalankannya. Didalam aplikasi itupun sendiri memiliki beberapa fitur tertentu yang di jadikan satu tempat dan bisa dicapai atau diakses oleh pengguna/user.

Website

Website atau Web adalah sekumpulan halaman di internet yang umumnya berisi text, gambar, video, music dan lainnya. Web juga bertujuaan agar di lihat oleh orang banyak melalui mesin pencari, semisalnya Google, Bing, Yandex, dan lainnya.

Web Based

Merupakan aplikasi yang dijalankan melalui peramban/browser, seperti Google, Youtube, Facebook. Biasanya Aplikasi Web based umum di gunakan untuk bisnis di zaman sekarang. Praktis dan cepat. Jasa buat aplikasi web based sangat di gemari para pegiat bisnis sekarang.

Stakeholder

Umumnya Stakeholder adalah pemangku kepentingan. Dalam aplikasi stakeholder bisa juga disebut user/pengguna yang berperan dalam berjalannya aplikasi. Semisalnya didalam aplikasi Inventori umumnya mempunyai 4 stakeholder yaitu owner, operator, admin, supplier.

bahasa pembuatan aplikasi

Internet of Things (IOT)

Internet of Things (IOT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata layaknya software to hardware.

Fitur Master

Fitur Master adalah fitur yang digunakan untuk menggambil data sebagai acuan untuk melakukan proses pada pengelolaan data sebuah sistem atau aplikasi. Bisa dikatakan bahwa fitur master merupakan data dasar sebagai data sumber yang mampu memberikan informasi tambahan mengenai proses pengelolaan data berikutnya yang akan dilakukan.

Stock Opname

Stock Opname ini biasa digunakan di aplikasi inventori, POS (Point of Sale) dan aplikasi-aplikasi yang melibatkan stock. jadi Stock Opname adalah sebuah bentuk rangkaian kegiatan perhitungan persediaan stok barang yang masih tersimpan di dalam gudang untuk kemudian dipasarkan.

Dashboard Monitoring

Dashboard Monitoring adalah merupakan kumpulan widget yang menyajikan ringkasan laporan dan metrik yang paling penting bagi Anda. Dasbor memungkinkan Anda memantau beberapa metrik sekaligus. Sehingga dapat dengan cepat memeriksa kondisi akun atau melihat korelasi di antara beberapa laporan.

Online Support

Online Support adalah serangkaian layanan pelanggan untuk membantu pelanggan dalam membuat penggunaan produk dari jarak jauh atau daring. Ini termasuk bantuan dalam perencanaan, pemasangan, pelatihan, pemecahan masalah, pemeliharaan, peningkatan, dan pengembangan produk.

Analisa Kebutuhan

Dalam Pembuatan aplikasi, analisa kebutuhan mencakup pekerjaan-pekerjaan penentuan kebutuhan atau kondisi yang harus dipenuhi dalam suatu produk baru atau perubahan produk, yang mempertimbangkan berbagai kebutuhan yang bersinggungan antar berbagai pemangku kepentingan. – Wikipedia

Baca Juga:  Tahapan-tahapan Membuat Aplikasi Custom

Database

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer/server secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer/aplikasi untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Kegunaan utama sistem database adalah agar pemakai mampu menyusun, menyimpan, memperbaharui, atau menghapus data yang ingin disimpan

Native App

Native adalah aplikasi yang dibangun bersama bahasa pemrograman yang spesifik untuk sistem khusus. Contoh populernya yakni pemanfaatan bahasa pemrograman Objective-C atau Swift untuk sistem ios (Apple). Adapun sistem Android yang mengenakan bahasa pemrograman Java dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Hybird App

Hybrid adalah aplikasi situs yang konversi jadi kode native terhadap sistem layaknya Aplikasi ios atau buat aplikasi Android. Aplikasi hybrid biasanya mengenakan peramban untuk mengijinkan aplikasi situs membuka bermacam fitur di perangkat mobile layaknya. Notifikasi, kontak, atau Offline Data Penyimpanan.

Cloud

Cloud adalah merupakan sekumpulan server dan pusat data yang tersebar di seluruh dunia yang di dalamnya dapat menyimpan data kita. Pada dasarnya sebuah perumpamaan dari internet itu sendiri. Saat Anda menyimpan file di cloud, berarti Anda menyimpannya secara online.

Bug

Bug adalah Error pada sebua aplikasi yang menjadikan aplikasi tidak berjalan semestinya. Namun tenang jika anda memilih appdev sebagai pengembang, appdev selalu mencover segala erorr/bug di dalam aplikasi buatan kami.

User Flow

User Flow adalah alur pengguna  yang mengarahkan kepada serangkaian langkah yang harus dilakukan pengguna situs web atau aplikasi untuk menyelesaikan tugas.

Sekarang apakah kamu sudah sedikit mengetahui tentang bahasa-bahas/istilah di dunia penyedia pembuatan aplikasi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − one =